KONI Jawa Timur Siapkan Diri Menjadi Juara PON XXI/2024 Aceh-Sumut

Prestasi olahraga muncul berkat persiapan yang matang disertai implementasi yang baik. Butuh waktu serta konsistensi untuk mengantar atlet mencapai prestasi gemilangnya. Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu yang melakukan persiapan matang untuk meraih juara Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di Aceh-Sumatera Utara.

Guna meraih gelar juara PON XXI, Jawa Timur mengawali dari evaluasi pada PON XX Tahun 2021 di Papua. Menuntaskan PON XX/2021 di Papua sebagai peringkat ketiga (110 emas, 89 perak dan 88 perunggu), Jawa Timur berambisi menjadi lebih baik lagi, menjadi juara.

Ambisi meningkatkan olahraga prestasi di Jawa Timur tak hanya ada pada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Timur, namun juga wartawan olahraga. Kelompok Kerja Wartawan KONI Jawa Timur menggelar evaluasi berbalut diskusi bertajuk “Menata Strategi Meraih Juara di PON 2024” di Hotel Wyndham Surabaya City Centre pada Kamis 2 Desember 2021.

Selaku induk dari KONI Provinsi Jawa Timur, KONI Pusat hadir meninjau evaluasi PON XX/2021 Papua yang dilakukan KONI Provinsi bersama wartawan olahraga Jawa Timur. Ketua Umum (Ketum) KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman hadir secara langsung pada kegiatan tersebut.

Kehadiran tersebut diapresiasi oleh Ketum KONI Jawa Timur, Erlangga Satriagung. “Ini belum pernah terjadi, kita dihadiri Pak Ketum dan Pak Waketum,” katanya. “Ini menunjukkan bahwa ke depan ini banyak hal-hal strategis yang bisa dibahas di forum ini,” sambungnya.

Ketum KONI Pusat memberikan penghargaan dan tali asih kepada mantan atlet

Ketum KONI Pusat mengikuti kegiatan yang diawali dengan pemberian tali asih dan penghargaan kepada beberapa mantan atlet berprestasi Jawa Timur. Ucapan terima kasih juga diutarakan Ketum KONI Pusat kepada para mantan atlet.

Setelah itu, Ketum KONI Jawa Timur memberikan sambutan. Ia bersyukur PON XX/2021 di Papua berjalan lancar dan aman. Secara prestasi, Erlangga sampaikan bahwa sebagian besar pemecahan rekor PON maupun rekor nasional berasal dari beberapa atlet Jawa Timur. Usai memberikan sambutan, ia langsung membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Penghargaan setinggi-tingginya disampaikan oleh Ketum KONI Pusat kepada KONI Jawa Timur yang telah berupaya untuk melakukan pembinaan olahraga dengan baik. “KONI Jawa Timur ini adalah KONI yang ideal yang bisa menjadi contoh KONI lainnya,” kata Marciano.

Tak lupa Ketum KONI Pusat juga Kelompok Kerja Wartawan KONI Jawa Timur yang turut serta mendorong provinsinya lebih berprestasi lagi. Hubungan KONI dengan media menjadi salah satu penentu prestasi olahraga. Sebab, media dapat memberikan masukan yang membangun.

“Wartawan itu adalah bagian dari Sport Inteligence, yang memberikan informasi kepada KONI Jawa Timur untuk melakukan pembinaan olahraga prestasi lebih baik,” harap Ketum KONI Pusat. “Jangan bosan memberikan kritik kepada KONI Jawa Timur untuk pembinaan olahraga lebih baik lagi,” pesannya.

Dalam membangun olahraga prestasi yang lebih baik, Ketum KONI Pusat mengajak seluruh pihak bersatu dan saling memberikan masukan.

“Saya mengajak KONI Jawa Timur membantu KONI Pusat memberikan masukan-masukan bagaimana kita semua, punya satu pemahaman bagaimana kita bisa menjadi bagian penting mendukung Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang dicanangkan pemerintah, yang tujuannya Cetak juara,” ajak Ketum KONI Pusat.

Marciano menegaskan pentingnya peran KONI Pusat dan organisasi anggotanya dalam mencapai tujuan DBON. “Yang bisa cetak juara itu adalah pengurus cabang olahraga dan KONI (tingkat provinsi hingga kabupaten/kota)”, tegas Ketum KONI Pusat.

Di akhir, Marciano percaya Jawa Timur dapat menjadi juara PON selanjutnya dengan kerja keras seluruh pihak terkait. “Adakan pertemuan rutin antara KONI Provinsi, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan para wartawan,” katanya sampaikan harapan kepada media massa yang hadir. Pada kegiatan tersebut, hadir juga Kepala Dispora Pulung Chausar.