Kembalinya KASAD CUP Kompetisi Trilomba Ketangkasan Berkuda Di Denkavkud Pussenkav AD

Berbagai kompetisi olahraga muncul sebagai bentuk meningkatnya semangat olahraga Tanah Air pasca suksesnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua. Salah satu yang muncul ‘kembali’ adalah kompetisi yang diselenggarakan Denkavkud Pussenkav AD berkolaborasi dengan PP.Pordasi adalah Perebutan kembali Piala Bergilir Eventing KASAD CUP yg sangat bersejarah dalam mulainya Olahraga Ketangkasan Berkuda ( Equestrian ) di Infonesia.

Rencana digelar Trilomba Ketangkasan Berkuda / Eventing  KASAD CUP 2021 pada tanggal 8 – 12 Desember 2021 di Detasemen Kavaleri Berkuda Pussenkav AD, Parongpong, Bandung Barat.

Kompetisi yang diselenggarakan adalah pertandingan Trilomba ketangkasan berkuda (Equestrian). Terdiri tiga disiplin dari Equestrian yang akan dipertandingkan, Dressage (tunggang serasi), Cross Country dan Show Jumping (lompat rintangan).

Terselenggaranya kompetisi yang memperebutkan Piala KASAD ini merupakan kebangkitan kembali pembinaan olahraga berkuda Equestrian yang diinisiasi oleh TNI AD.

Hal tersebut disambut baik oleh banyak masyarakat olahraga berkuda ( PORDASI).

“Selaku Ketua Umum PP.Pordasi, saya mengapresiasi terselenggara kembalinya KASAD CUP ini,” katanya.

“Ini merupakan kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan Denkavkud Pussenkav AD, dan diikuti atlet dari luar Denkavkud, terbuka untuk umum. Dalam meningkatkan kualitas pembinaan olahraga berkuda, kita perlu banyak kompetisi. Oleh karenanya, kembalinya KASAD CUP akan berkontribusi bagi pembinaan olahraga prestasi Tanah Air,” jelas Triwatty Marciano, Ketua Umum PP.Pordasi) masa bakti 2020 – 2024.

Tentunya, penyelenggaraannya tahun ini akan berbeda mengingat situasi pandemi Covid-19 yang belum usai. Siaran langsung akan disediakan agar para pecinta olahraga berkuda  dapat menyaksikan tanpa harus hadir secara langsung di lokasi.

Sudah beberapa tahun, KASAD CUP tidak diselenggarakan di Tanah Air. Awalnya, KASAD CUP diselenggarakan tahun 1986.

Triwatty Marciano dahulu sempat mendukung penyelenggaraan KASAD CUP 2008 dan 2010  dalam Event Kartika Equestrian Championships KASAD CUP di Denkavkud Pussenkav AD di Parongpong.

Di masa KASAD Jenderal Agustadi Sasongko, hadir WaKASAD Jenderal Suryo dan panitia penyelenggara dipimpin oleh Danpussenkav AD pada saat itu Brigjen TNI Suharsono ( KEC 2008 dan 2010 ) bekerjasama dgn APM Equestrian Centre.