Ketum KONI Pusat Melantik Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Ketum PB.ISSI 2021-2025

Upacara pelantikan Ketum PB.ISSI

Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman melantik dan mengukuhkan Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Ketum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB.ISSI) masa bakti 2021-2025 di Hotel Mandarin Jakarta tanggal 11 Desember 2021.

“Ikatan Sepeda Sport Indonesia ini harus bersyukur karena yang menjadi ketua umumnya itu salah satu putra terbaik Indonesia,” sebut Marciano Norman bangga salah satu organisasi anggota KONI Pusat dipimpin oleh Kapolri. Ketum KONI Pusat yakin sport sepeda akan meningkat prestasinya di bawah kepemimpinan Listyo Sigit Prabowo.

Menurut Ketum KONI Pusat, posisi Ketum PB.ISSI dapat berdampak bagi pembinaan olahraga sepeda Tanah Air. “Ikatan Sport Sepeda Indonesia ini jika mau tinggal landas, saat ini masa yang paling tepat, karena ada Pak Sigit dengan jajarannya yang tersebar di seluruh Indonesia yang juga bisa memberikan dukungan kepada olahraga sport sepeda,” sebut Ketum KONI Pusat sambil berpesan agar jajaran pengurus PB.ISSI membuat perencanaan program yang baik.

Salah satu pesan Ketum KONI Pusat adalah mengembangkan olahraga sepeda melalui kompetisi yang diselenggarakan di destinasi pariwisata sehingga ada nilai Sport Tourism. “Saya mengajak PB.ISSI memberikan dukungan sepenuhnya agar destinasi wisata Indonesia dikenal dunia melalui sepeda,” pesannya.

Tak lupa, Ketum KONI Pusat ingatkan agar melawan penggunaan Doping. Ia yakin, Patriot Olahraga Prestasi Indonesia mampu berprestasi tanpa Doping.

Listyo Sigit Prabowo dilantik berdasarkan hasil Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) XIX ISSI Tahun 2021 tanggal 3 April 2021 di Senayan, Jakarta. Sang Kapolri mendapatkan amanat menjadi Ketum PB.ISSI saat itu.

Ketum PB.ISSI mengawali sambutannya dengan menyampaikan terima kasih kepada pengurus PB.ISSI masa bakti sebelumnya. “Terima kasih kepada seluruh pengurus PB.ISSI masa bakti tahun 2016-2020,” katanya.

Sang Kapolri bersemangat melakukan pembinaan olahraga sepeda di Tanah Air. Kondisi pandemi Covid-19 yang mulai membaik, diharapkannya menjadi momentum untuk membina atlet. “Ini kesempatan kita mempersiapkan diri dengan baik, mempersiapkan atlet-atlet kita lebih baik untuk (menghadapi) event-event internasional,” sebutnya.

Listyo Sigit Prabowo juga menyinggung Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). “Tujuan dari DBON tersebut adalah bagaimana kemudian meningkatkan budaya olahraga di masyarakat, yang kedua meningkatkan kapasitas, sinergitas dan produktivitas olahraga prestasi nasional, yang ketiga memajukan perekonomian nasional melalui olahraga,” jelasnya mendukung DBON.

Cabang olahraga sepeda sendiri masuk dalam 14 unggulan. “Alhamdulillah kita masuk dalam DBON, tentunya ini harus kita pertahankan dengan prestasi,” kata Ketum PB.ISSI.

Setelah dilantik Ketum KONI Pusat dan menyampaikan sambutan, Ketum PB.ISSI langsung melantik pengurus provinsi ISSI dari 5 (lima) provinsi antara lain Bangka Belitung, Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan NTB. Selanjutnya, ia langsung membuka secara resmi Rakernas ISSI Tahun 2021 dengan pemukulan gong digital.