Ketum KONI Pusat Berpesan agar Manfaatkan Venue Sepatu Roda Eks PON XX/2021 Papua

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua sudah sukses diselenggarakan dan memberikan peninggalan positif bagi pembinaan olahraga prestasi. Berbagai venue yang dibangun untuk penyelenggaraan PON XX/2021 di Papua kini harus dapat dimanfaatkan guna pembinaan olahraga prestasi, baik untuk atlet berlatih dan bertanding.

Hal tersebut menjadi pesan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman kepada jajaran Pengurus Besar Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (PB.Perserosi) masa bakti 2021-2025 yang baru dikukuhkan dan dilantik pada pagi 16 Desember 2021.

“Sepatu roda adalah salah satu olahraga yang mendapatkan perhatian sangat tinggi karena Ketua Umum Perserosi sebelumnya adalah almarhum Klemen Tinal yang juga Wakil Gubernur Papua. Beliau memberikan perhatian yang sangat besar kepada sepatu roda, salah satu buktinya adalah dengan dibangunnya Klemen Tinal Roller Sport Arena,” terang Marciano menyinggung salah satu venue berstandar internasional kebanggaan bangsa. Kabarnya venue sepatu roda yang berada di Kota Jayapura itu adalah yang terbaik di Asia Tenggara dan terbaik kedua di Benua Asia.

Ketum KONI Pusat berharap venue yang sudah ada dapat menjadi tempat penyelenggaraan kompetisi berkelas nasional maupun internasional. Ia ingin kepengurusan yang baru dilantik dapat mencetak atlet-atlet berprestasi dengan sarana dan prasarana yang sudah baik. “Arena internasional ini dapat digunakan sebaik-baiknya sehingga mengantar para atlet-atlet sepatu roda Indonesia untuk nanti juga bisa mengikuti event-event internasional dan juga mengharumkan nama bangsa dan negara,” lanjut Ketum KONI Pusat.

Terkait bibit atlet sepatu roda, Ketum KONI Pusat yakin Perserosi akan mendapatkan banyak atlet calon juara. “Sepatu roda ini tidak sulit mencari peminatnya karena cabang olahraga ini sangat menarik untuk anak-anak muda sehingga dengan pendekatan yang tepat, saudara-saudara akan mudah mendapatkan bibit-bibit atlet, yang jika dibina baik akan menjadi atlet berprestasi,” jelasnya.

Oleh karena pentingnya menjaring atlet dari seluruh Indonesia, Ketum KONI Pusat mengingatkan pentingnya komunikasi pengurus besar dengan pengurus provinsi, pengurus tingkat kabupaten/kota dan juga kepada seluruh atlet serta pelatihnya.

Menanggapi arahan Ketum KONI Pusat, Ketum PB.Perserosi, Velix Vernando Wanggai menyampaikan jajarannya tidak hanya membangun komunikasi yang baik ke seluruh Indonesia, namun komposisi PB.Perserosi sudah representatif Nusantara.

“Pengurus terdiri dari berbagai provinsi di Indonesia, hampir sekitar 30 Provinsi sehingga kita memiliki sebuah tanggung jawab yang besar untuk membangun prestasi olahraga,” jelas Velix berambisi mengembangkan sepatu roda di seluruh Indonesia.

Adapun PB.Perserosi memiliki tujuan mengejar prestasi. “Visi besar kita adalah melangkah ke semua negeri, untuk menggapai prestasi,” kata Velix.

“Kehadiran kita semua di sini, di pelantikan Ini adalah sebuah wujud komitmen kita sebagai anggota, kita sebagai anak dari KONI Pusat, kembali ke rumah besar kita untuk kita sama-sama melangkah lurus (meraih prestasi),” katanya.