Pencak Silat Disiapkan sebagai Cabor yang Dipertandingkan pada Olimpiade

Cabang olahraga (cabor) Pencak Silat tengah disiapkan agar kelak dapat dipertandingkan pada multievent terbesar dunia, yakni Olimpiade. Hal tersebut dibahas pada pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) XV Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) yang berjudul ‘Indonesia Maju, Pencak Silat Menuju Olimpiade’.

Munas XV IPSI telah dibuka secara resmi dengan pemukulan gong oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Agenda utamanya tak lain menentukan siapa pemimpin Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB.IPSI) masa bakti 2021-2025.

“Kita berharap, Pencak Silat dapat menjadi bela diri kebanggaan Indonesia yang juga dipertandingkan pada Olimpiade, seperti Karate, Taekwondo dan lainnya. Oleh karena itu, perlu upaya membuat dunia cinta kepada Pencak Silat terlebih dahulu,” terang Ketua Umum (Ketum) KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman.

Marciano berharap Munas XV IPSI menghasilkan kepengurusan yang mampu meningkatkan prestasi Pencak Silat lebih baik lagi, di samping melakukan upaya guna menjadikan Pencak Silat cabor Olimpiade.

Ketum KONI Pusat juga menilai baik kinerja PB.IPSI selama ini. “Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat mengapresiasi pembinaan olahraga yang dilakukan oleh Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia di bawah kepemimpinan Bapak Prabowo Subianto,” kata Ketum KONI Pusat.

“Terbukti pada Asian Games 2018 yang lalu, Pencak Silat keluar sebagai juara umum yang berkontribusi banyak kepada kontingen Indonesia. Selain itu, beberapa atlet Pencak Silat juga meraih juara dunia pada bebepara Kejuaraan Pencak Silat,” sambung Marciano pasca pembukaan Munas XV IPSI pada Jumat 17 Desember 2021 di Hotel Aston Sentul, Bogor.

Selain itu, Ketum KONI Pusat menyampaikan terima kasih sekaligus apresiasi terhadap seluruh pegiat Pencak Silat yang telah berkontribusi menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua.

“Pada kesempatan ini, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada PB.IPSI, Pengurus Provinsi IPSI, para atlet dan pelatih yang telah mempersiapkan rangkaian pertandingan Pencak Silat PON XX/2021 di Papua sebaik-baiknya. Dengan turut sukseskan PON XX/2021 di Papua, kita telah memotivasi Bangsa Indonesia bahwa kita tetap mampu berprestasi di tengah situasi pandemi Covid-19,” kata Ketum KONI Pusat.