Pemerintah Berikan Penghargaan Satyalancana Dharma Olahraga kepada Patriot Olahraga Indonesia

Atlet, pelatih dan pengurus induk cabang olahraga (Cabor) merupakan Patriot bangsa di bidang olahraga. Pengorbanan mereka untuk menjadi atlet juara bertujuan untuk mengangkat nama baik Indonesia melalui prestasi olahraga. Di masa damai seperti saat ini, selain kegiatan kenegaraan, prestasi olahraga dapat membuat bendera Merah Putih berkibar dengan diiringi berkumandangnya lagu Indonesia Raya di luar negeri.

Oleh karenanya, Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberikan penghargaan Satyalancana Dharma Olahraga kepada Patriot Olahraga yang berprestasi. Satyalancana Dharma Olahraga merupakan salah satu penghargaan kepada masyarakat sipil pelaku olahraga berprestasi yang diberikan oleh Presiden Indonesia.

Adapun Surat Keputusan Presiden RI nomor 119/TK/2021 tentang Satyalancana Dharma Olahraga memberikan penghargaan kepada Tri Kusharjanto (Bulu Tangkis), Sonny Dwi Kuncoro (Bulu Tangkis), Eng Hian (Bulu Tangkis), Ni Nengah Widiasih (Angkat Berat) dan Coni Ruswanta (Pelatih Angkat Berat).

Penghargaan diberikan oleh Menpora di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat pada Senin 27 Desember 2021. Selain penghargaan Satyalancana Dharma Olahraga, bonus juga diberikan kepada beberapa organisasi olahraga. Hadir menerima bonus tersebut Sekretaris Jenderal (Sekjen) National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Ukun Rukaendi, Ketua Umum Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Agung Firman Sampurna dan sekjen PABSI Djoko Pramono.

“Tidak cukup hanya kita membina saja, tidak cukup hanya memacu prestasi atlet tanpa apresiasi dan penghargaan. Itulah sebabnya Bapak Presiden melalui kami menyampaikan ucapan selamat kepada para penerima penghargaan baik penerima Satyalancana Dharma Olahraga dan penerima apresiasi dari prestasi kejuaraan dunia,” kata Menpora.

Atas penghargaan yang diberikan pemerintah, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman sampaikan apresiasi dan terima kasih. “Saya mengapresiasi penghargaan dari pemerintah kepada atlet-atlet berprestasi,” ujar Ketua Umum KONI Pusat.

“Semoga penghargaan ini akan memotivasi para pimpinan Cabor dan pelatih dalam melakukan evaluasi pola pembinaan yang dilakukan. Kualitas pembinaan atlet kita harus semakin baik. Kepada para atlet, saya berpesan agar berlatih lebih keras supaya prestasinya selalu membuat Indonesia mendapatkan tempat terhormat pada single maupun multi events Internasional yang diikutinya,” sambung Marciano pada kegiatan tersebut.