Gelar Rapat Pleno 2022, KONI Pusat Bertekad Tingkatkan Kualitas Pembinaan Olahraga Prestasi Indonesia

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat targetkan agar lebih berperan untuk olahraga prestasi Indonesia pada Tahun 2022. “KONI ini harus kelihatan perannya,” kata Ketua Umum (Ketum) KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman saat memimpin rapat pleno pengurus KONI Pusat masa bakti 2019-2023 pada 12 Januari 2022 di Lantai 10 Kantor KONI Pusat, Senayan, Jakarta.

Ketum KONI Pusat yakin bahwa jajarannya dapat memberikan kinerja yang baik pada Tahun 2022, terutama dalam mendukung persiapan para atlet menghadapi SEA Games dan Asian Games tahun ini. Pasalnya, kemampuan jajaran pengurus KONI Pusat yang dipimpin Marciano Norman telah memberikan bukti pada tahun 2021.\

“Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya, tanpa terkecuali program kita pada tahun 2021 kemarin, terutama terkait Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua dapat berjalan dengan baik dan membuat Bangsa Indonesia bisa bangga atas terselenggaranya event tersebut,” ujar Ketum KONI Pusat.

“Ini terjadi karena kerja keras saudara-saudara pengurus KONI Pusat tanpa terkecuali,” sambungnya. Tahun 2021 menjadi sangat berat, namun semuanya dapat dilalui oleh KONI Pusat. “Sangat berat tapi Alhamdulillah kita bisa melaksanakan tugas berat tersebut dengan baik, itu mengangkat posisi KONI Pusat,” kata Marciano bangga dengan para pengurus serta staf yang berhasil melaksanakan tugas berat dengan baik.

Beberapa pernyataan tersebut menjadi motivasi untuk bekerja pada tahun 2022 lebih baik lagi “Ini menjadi stepping stone untuk kita semua masuk 2022 dengan langkah yang pasti,” tegas Ketum KONI Pusat.

Pada tahun ini, Ketum KONI Pusat mengarahkan agar jajarannya bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Ketum KONI Pusat mengarahkan agar seluruh organisasi olahraga sinergi demi Indonesia. “Apa yang kita lakukan, untuk mendukung program pemerintah,” pesannya.

PON XXI Tahun 2024 di Aceh – Sumatera Utara sendiri sudah sejalan dengan Desain Besar Olaharaga Nasional (DBON) Kemenpora. Cabang Olahraga (Cabor) yang rencananya dipertandingkan sesuai dengan DBON. Informasi tersebut disampaikan oleh Wakil I Ketum KONI Pusat, Mayjen TNI Purn Dr.Suwarno pasca mengikuti rapat dengan Kemenpora pada 11 Januari 2022.

“Kita harus melebur menjadi satu, untuk saling memperkuat, agar kolaborasi kita akan menghasilkan cita-cita besar Bangsa Indonesia yaitu bagaimana olahraga ini menempatkan bangsa kita di tempat yang terhormat,” jelas Marciano.

Pada sisa masa bakti, Ketum KONI Pusat sampaikan target kepengurusannya. “Dalam satu setengah tahun, ini adalah tahun yang sangat menentukan, saya hanya ingin meninggalkan KONI Pusat kembali ke tempat yang diharapkan Bangsa Indonesia, sebagai induknya organisasi olahraga, KONI yang bisa mengayomi olahraga,” terang Ketum KONI Pusat.

Wakil II Ketum KONI Pusat, Soedarmo berpesan agar jajaran pengurus dan staf KONI Pusat menjaga ikatan yang positif. “Rasa kebersamaan, kegotongroyongan dan soliditas kita bersama, tanpa ini pembinaan tidak akan berhasil,” tandasnya mengedepankan konsep asah, asih dan asuh.

Pesan juga disampaikan oleh Wakil III Ketum KONI Pusat Drs.Tursandi Alwi. Ia berpesan agar KONI Pusat lebih kreatif dalam bekerja.