Olahraga Arung Jeram, Tak hanya Dituntut Sukses Prestasi Namun juga Sports Tourism

Cabang olahraga (Cabor) Arung Jeram tak hanya bicara prestasi namun juga memiliki potensi pariwisata olahraga (Sports Tourism). Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman pasca mengukuhkan dan melantik Ketum Pengurus Besar Federasi Arung Jeram Indonesia (PB.FAJI) masa bakti 2021-2025 Mayjen TNI Mar Purn F.Saud Tambatua beserta jajarannya.

“Saudara-saudara, dengan keadaan alam Indonesia yang begitu indah, tantangannya begitu tinggi. Olahraga Arung Jeram harus bisa menjadi salah satu olahraga unggulan kita,” kata Ketum KONI Pusat menyampaikan potensi alam Indonesia yang dapat dimanfaatkan untuk melahirkan atlet berprestasi.

“Arung Jeram ini di samping tantangan prestasinya tinggi tetapi juga terkait dengan Sport Tourism ini sangat diminati oleh seluruh pencinta Arung Jeram di seluruh dunia. Mereka ingin hadir di Indonesia untuk mengikuti event-event arum jeram yang diselenggarakan oleh PB.FAJI.,” pesan Ketum KONI Pusat melihat potensi besar dari Arung Jeram pada Senin 28 Maret 2022 di Markas Komando Marinir, Kwitang, Jakarta Pusat.

Ketum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman

Oleh karena potensi yang ada, Ketum KONI Pusat ingin adanya kegiatan olahraga Arung Jeram yang diselenggarakan PB.FAJI dengan berorientasi pada pariwisata. Ketum KONI Pusat berharap olahraga dapat membantu program pemerintah serta memberikan kesejahteraan kepada masyarakat sekitar lokasi penyelenggaraan.

“Saya mendorong Ketua Umum PB.FAJI untuk membuat event-event yang terkait dengan destinasi wisata yang ditentukan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Bapak Sandiaga Uno agar di mana destinasi wisata itu berada, Arung Jeram menjadi salah satu cabang olahraga yang bisa diikuti siapa saja,” jelasnya berharap olahraga dapat memberi manfaat untuk meningkatkan daya tarik wisata sekaligus melakukan penjaringan atlet.

Terkait prestasi, Arung Jeram akan menjadi salah satu cabor yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di Aceh-Sumatera Utara. Direncanakan digelar di Aceh, Ketum KONI Pusat berharap penyelenggaraan Arung Jeram dilaksanakan dengan tata kelola manajemen yang baik sehingga tidak menimbulkan keputusan yang jauh dari kata adil.

Ketum PB.FAJI masa bakti 2021-2025 Mayjen TNI Mar Purn F.Saud Tambatua

Saud Tambatua sampaikan kebanggaannya dengan rencana Arung Jeram akan digelar pada PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara. “Begitu mendengar keikutsertaan dalam PON ini, mata-mata pengurus PB.FAJI sudah begitu semangat, sudah begitu mengharapkan, sudah begitu berbinar, karena mereka mengharapkan sekali keikutsertaan PB.FAJI dalam PON XXI/2024 ini,” katanya.

Ia pun bertekad mengantar atlet Arung Jeram meraih prestasi. “Memfasilitasi para atlet agar mendapat kesempatan yang sama dalam berlaga di tingkat manapun, karena pada dasarnya keberhasilan mereka juga akan menjadi kebanggaan bagi kita semua,” terang Ketum PB.FAJI.