Timnas Renang Raih 1 Medali Perak dan 2 Perunggu Hari Ini

Pertandingan renang digelar hari Sabtu tanggal 14 Mei 2022 di Aquatic Sports Palace, National Sports Complex, My Dinh. Pertama digelar adalah nomor 100 meter gaya dada putra.

Bao Pham Thanh asal Vietnam menjadi juara dengan 1 menit, 1,17 detik. Menyusul di peringkat kedua atlet Singapura Maximillian Wei Ang dengan waktu 1 menit, 1,58 detik.

Gagarin Nathaniel meraih peringkat ketiga dengan waktu 1 menit, 2,74 detik. Atlet Indonesia lainnya, Pande Made Iron Digjaya menempati peringkat kelima dengan catatan waktu 1 menit, 3,41 detik.

Hasil tersebut diakui di bawah capaian kemampuan terbaiknya. “Kalau dari personal best, kurang sesuai ekspektasi ya, cuman ya untuk sekarang itu hasil terbaik dari saya,” ujar Gagarin. “Semoga bisa dapat emas (SEA Games ke depan),” sambungnya.

Kelas berikutnya adalah 100 meter gaya bebas. Atlet Indonesia belum berhasil meraih capaian maksimal pada saat ini. Patricia Yosita Hapsari meraih peringkat keenam dengan waktu 58,06 detik sedangkan Angel Gabriella peringkat kedelapan dengan 58,6 detik.

Adapun pemenangnya adalah atlet Singapura Ting Wen Quah dengan waktu 55,6, disusul Srisa-Ard Jenjira yang catatkan waktu 56,62 detik dan peringkat ketiga Renner Tocao Miranda Cristina asal Filipina dengan 56,99 detik.

Selanjutnya kelas 100 meter gaya punggung putra. Atlet Indonesia, Farrel Armandio Tangkas meraih posisi ketiga dengan waktu 56,21 detik. Ia kalah dari juara asal Singapura Zheng Wen Quah yang torehkan waktu 54,83 detik dan sedikit lebih lambat dari peringkat kedua asal Vietnam Paul Le Nguyen yang catatkan 56,08 detik.

Atlet Indonesia lainnya pada nomor tersebut adalah I Gede Siman Sudartawan yang harus puas pada peringkat keempat dengan waktu 56,88 detik.

Berikutnya adalah kelas 200 meter gaya ganti putri. Indonesia diwakili Azzahra Permatahani dan Ressa Kania Dewi. Ressa finis pada peringkat kelima dengan waktu 2 menit 18,16 detik sedangkan Azzahra Permatahani peringkat ketujuh dengan 2 menit, 20,81 detik.

Pada kelas tersebut juaranya adalah Jing Wen Quah asal Singapura dengan waktu 2 menit, 15,98 detik. Peringkat kedua juga atlet asal Singapura yakni Letitia En Yi Sin yang tuntaskan pertandingan dalam 2 menit 16,61 detik. Peringkat ketiga adalah Pholjamjumrus Jinjutha dengan 2 menit 16,75 detik.

4 x 100 meter gaya bebas putra. Tim Indonesia meraih posisi kedua dengan total waktu 3 menit, 24,09 detik. Kalah dari Tim Vietnam yang meraih 3 menit, 21,81 detik. Namun di atas Thailand dengan 3 menit 24,28 detik. Indonesia naik peringkat usai Singapura dan Malaysia didiskualifikasi.

Atas prestasi yang diraih para Patriot Olahraga cabor renang, Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman menyampaikan selamat dan terima kasih.

“Selamat kepada para atlet yang berhasil membuat Indonesia bangga karena prestasinya. Terima kasih atas kerja keras para atlet, pelatih, ofisial dan PRSI yang telah mempersiapkan semuanya dengan baik,” tandasnya usai menyaksikan langsung.