Tim Arung Jeram Junior Putri Indonesia Raih Juara Kejuaraan Dunia WRC 2022

Kejuaraan dunia Arung Jeram bernama World Rafting Championship (WRC) digelar di sungai Vrbas, Banjaluka, Bosnia Herzegovina, Eropa dengan diikuti 25 negara. Pada 28 Mei 2022 digelar laga Head to Head (H2H) antar tim nasional.

Peringkat sprint menjadi acuan untuk menentukan pemenangnya. Tim yang berlaga mengarungi sepenggal sungai berjeram dengan jarak tempuh 100-200 meter. Mereka yang meraih waktu tempuh tercepat, akan keluar sebagai juara.

H2H adalah mengarungi sepenggal sungai berjeram dengan jarak tempuh hanya seratus sampai dua ratus meter. Peserta dilepas bersandingan dan hasil tempuh terdepan melalui garis finis dibukukan untuk juara.

Tim arung jeram junior putri Indonesia juga masih berkesempatan menjadi juara umum. Hal tersebut disampaikan oleh pelatih tim yang bernama Aceng Supendi usai upacara penghormatan pemenang.

“Peluang meraih juara umum terbuka, karena baik Canada dan Indonesia mengantongi point tak jauh beda. Menyisakan 2 nomer, slalom dan Down river race”, kata Aceng menyampaikan tekad tim untuk menjadi juara umum.

Lista Natasya Peniwati (22), Selawati Solihin (21), Siti Nuranti (20), Wulanda Fetri Fibriayana (18), dan Diana Lapanda (20) memperkuat tim junior putri Indonesia. Selain pelatih Aceng, tim juga didukung oleh Ammy Kadarhutami yang merupakan atlet Masters Women Indonesia (MWI).

Atas prestasi tersebut, Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman mengucapkan selamat. “Saya mengucapkan selamat kepada tim arung jeram junior putri Indonesia yang telah menjadi juara pada kejuaraan dunia. Prestasi tersebut membanggakan dan membuat Indonesia dikenal terdepan karena prestasinya,” katanya.

“Terima kasih kepada para atlet, pelatih, ofisial dan Pengurus Besar Federasi Arung Jeram Indonesia (PB.FAJI) yang dipimpin Mayjen TNI Mar Purn F.Saud Tambatua, yang telah mempersiapkan atlet dengan baik,” sambungnya.