Ketum KONI Pusat Tinjau Sarana Prasarana Olahraga Jakpro

Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman bersama jajarannya meninjau Jakarta International Stadium (JIS) dan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol pada hari Selasa tanggal 17 Januari 2023.

Kunjungan itu berkaitan dengan kerja sama antara KONI Pusat dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Adapun Nota Kesepahaman (MoU) keduanya sudah ditandatangani pada tanggal 10 Desember 2020 di kantor KONI Pusat Senayan. Salah satu Direktur Jakpro I Gede Adi Adnyana, turut mendampingi.

Dalam kunjungannya, Ketum KONI Pusat berharap agar venue membanggakan yang dimiliki Jakpro dapat dimanfaatkan untuk mengantar atlet-atlet Indonesia meraih juara.

“Hari ini, kami lihat adalah Jakarta International Stadium dan kami berkesempatan melihat sirkuit Formula-E di Ancol. KONI Pusat sebagai induk olahraga nasional, akan senantiasa mendorong cabang olahraga yang memiliki peluang untuk memanfaatkan sarana dan prasarana yang dikelola oleh Jakpro ini,” kata Ketum KONI Pusat.

Ketum KONI Pusat menegaskan bahwa sarana dan prasarana olahraga dinilai dari manfaatnya terhadap pelaku olahraga. “Sarana olahraga yang baik itu, kegiatan olahraganya juga harus padat, sehingga saya mengajak pecinta olahraga baik itu sepak bola, olahraga bermotor, sepeda, sepatu roda, berkuda dan lainnya untuk bisa mengoptimalkan kegiatannya di venue-venue yang dikelola oleh Jakpro,” terang Marciano menyinggung JIS, JIEC, Velodrom Rawamangun dan Jakarta International Equestrian Park Pulomas yang dikelola BUMD DKI Jakarta tersebut.

Di samping manfaatnya, sarana dan prasarana Jakpro juga memiliki nilai Sports Tourism karena desainnya yang membanggakan. “Masyarakat Jakarta atau masyarakat Indonesia, kalau mereka ke Jakarta, kalau belum melihat JIS, belum melihat Sirkuit Formula-E, belum melihat Velodrom di Rawamangun, saya rasa belum belum lengkap kunjungan mereka,” sambungnya.

“Ini berkaitan dengan Sports Tourism, kemudian tentunya Sports Industry juga akan sangat terbantu dengan kita mengoptimalkan event di venue yang dikelola oleh Jakpro,” lanjutnya berharap olahraga dapat memberikan nilai tambah bagi kesejahteraan masyarakat.

Adapun Ketum KONI Pusat telah meninjau Velodrom Rawamangun pada 15 Maret 2021 dan beberapa kali telah berkunjung ke JIEPP yang digunakan untuk pembinaan olahraga berkuda Equestrian.