Diikuti Lebih dari 1.500 Peserta, Ketum KONI Pusat Apresiasi Kejurnas Catur ke-49 Tahun 2023

Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman mengapresiasi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) catur ke-49 tahun 2023 yang digelar di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta. Peserta Kejurnas tersebut melampaui 1.500 peserta.

Banyak diantara peserta adalah atlet usia dini yang diwadahi nomor tertentu. Mereka akan bertanding mulai dari tanggal 14 Maret sampai dengan 19 Maret.

“Tidak ada Kejurnas yang pesertanya 1.500 lebih. Semoga Kejurnas yang diikuti banyak peserta ini membantu PB.Percasi dalam memilih atlet-atlet terbaik Indonesia yang akan meraih prestasi yang membanggakan,” kata Marciano.

Ketum KONI Pusat mendukung pembinaan atlet yang dilakukan Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB.Percasi). Terlebih PB.Percasi memberikan perhatian terhadap atlet-atlet usia dini. Diyakini bahwa atlet berprestasi masa depan ada pada Kejurnas kali ini. “Juara-juara dunia ini ada, duduk diantara kita,” ujarnya.

Catur merupakan cabang olahraga yang berdampak pada kemampuan sumber daya manusia (SDM) karena memerlukan pikiran yang baik. Oleh karenanya, prestasi catur bisa mencerminkan kualitas SDM suatu bangsa.

“Catur ini betul-betul olahraga yang prestisius karena prestasi catur bisa membuat orang berpikir, rata-rata di Indonesia berapa tingkat inteligensianya,” jelas Marciano.

Ketum PB.Percasi GM.Utut Adianto Wahyuwidayat jelaskan bahwa catur berkembang dengan baik di Indonesia. Ia sampaikan Kejurnas pertama di Tegal, 75 tahun lalu hanya diikuti 16 peserta.

Padahal Indonesia dengan jumlah penduduk terbesar ke empat di dunia memiliki potensi yang besar. “Kita ini kaya ikan, dijaring dimana saja ada,” jelasnya.

Utut targetkan Indonesia melahirkan atlet catur andalan Asia dan bahkan dunia.

Kejurnas catur ke-49 tahun 2023 resmi dibuka Pj.Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, yang didampingi Ketua DPRD H. Prasetyo Edi Marsudi, Ketum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman, Ketum PB.Percasi Utut Adianto.