Haornas 2020 Kebangkitan Prestasi Olahraga Berdampak Positif Pada Perekonomian Masyarakat dan Kesejahteraan Pelaku Olahraga

Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap tanggal 9 September. Pada tahun ini, meski Pandemi Covid-19 belum usai, peringatan akan tetap dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan, peserta dapat hadir secara virtual. Pada hari penting tersebut, Presiden Joko Widodo direncanakan akan hadir pada peringatan Haornas 2020. Adapun tema yang diusung pada tahun ini dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) adalah Sport Science, Sport Industry dan Sport Tourism. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat mendukung tema tersebut agar dikembangkan dengan baik.

Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman

Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman jelaskan pentingnya ketiga tema tersebut. “Tiga tema besar yang dipilih Bapak Menpora Zainudin Amali sangat baik”, buka Ketua Umum KONI Pusat. Ia jelaskan Sport Science sangat penting dikembangkan untuk mendukung peningkatan prestasi olahraga. “KONI mendorong seluruh anggota (induk cabor dan KONI Provinsi) agar kembangkan Sport Science untuk tingkatkan prestasi”, terangnya. Ketua Umum KONI Pusat berharap atlet mendapatkan penanganan mental, fisik, nutrisi dan juga peralatan yang terbaik.

Tema lainnya adalah Sport Industry atau industri olahraga yang tak kalah penting untuk dikembangkan karena manfaatnya. “Industri olahraga menentukan bagaimana olahraga tetap hidup”, kata Marciano. Menurutnya perkembangan industri olahraga dapat mendorong perkembangan perekonomian masyarakat dengan catatan potensi industri olahraga dikelola dengan baik. Alhasil kemajuan industri olahraga akan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat.

Terakhir adalah Sport Tourism yang menjadi salah satu cara mempromosikan pariwisata tanah air. “Indonesia alamnya baik, salah satu cara memperkenalkannya dengan event olahraga”, tegas Marciano. Dengan adanya event olahraga yang digelar di tanah air maka hal tersebut akan menarik banyak wisatawan mancanegara maupun domestik. Tuan rumah penyelenggara diharapkan menjadi populer sebagai objek wisata pasca event olahraga digelar.

Menyadari pentingnya ketiga tema Haornas yang diusung Kemenpora, KONI Pusat akan yakinkan seluruh anggotanya untuk mendukung pengembangan Sport Science, Sport Industry dan Sport Tourism. Marciano ingin agar seluruh anggota KONI yang terdiri dari 34 KONI Provinsi, 514 KONI Kabupaten/Kota, 72 Induk Cabor pahami betul tema Haornas 2020. Setelah memahaminya, seluruh anggota KONI perlu mengimplementasikannya untuk memajukan olahraga prestasi dan juga kesejahteraan masyarakat.

Di akhir kata, Ketua Umum KONI Pusat sampaikan harapannya di Haornas 2020. “Peringatan Haornas 2020 di masa pandemi merupakan kebangkitan olahraga prestasi Indonesia, tidak boleh menyerah dengan keadaan, harus ada terobosan untuk tetap lakukan pembinaan olahraga”, tegasnya. “Semua yang terlibat di kegiatan olahraga prestasi harus sejahtera”, kata KONI Pusat menyampaikan harapannya.