Marc Klok Segera Naturalisasi Menjadi WNI

Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok akan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Pekan lalu, pesepak bola itu telah memberikan berkas dan administrasi guna memproses naturalisasi pada DPR. Dalam waktu dekat, ia pun akan menyanyiikan lagu kebangsaan Indonesia, Indonesia Raya dan menghafal Pancasila untuk mengesahkan status kewarganegaraan Indonesia-nya itu.

Hal itu dibenarkan oleh Klok, seperti yang dikutip dari Kompas.com. "Benar, saat ini memasuki proses administrasi di DPR. Saat ini, saya harus menyelesaikan beberapa hal agar proses itu berlanjut ke tahap selanjutnya,” katanya.

Sebenarnya, pria asal Belanda itu sudah mengurus proses naturalisasi sejak tahun lalu, saat ia masih berada di PSM Makassar. Sayangnya, proses administrasi sempat terhenti di Kemenpora akibat adanya pergantian menteri di kabinet, juga setelah adanya pandemi Covid-19.

Jika proses naturalisasi itu selesai dengan segera, hal ini akan menguntungkan bagi klub sepakbola tempatnya bernaung saat ini, yaitu Persija. Pasalnya, mereka bisa menambah pemain asing lagi untuk ajang Liga 1. Tak hanya itu saja, Klok pun berkemungkinan bisa tampil bersama timnas Indonesia dalam lanjutan laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada Oktober mendatang, yang masih tersisa tiga pertandingan. Yaitu melawan Thailand, Uni Emirat Arab dan Vietnam. Adapun ajang pesta sepakbola Asia Tenggara yaitu Piala AFF 2020 pada November mendatang. Meskipun untuk pelaksaannya masih belum jelas, tetapi ajang tersebut bisa menjadi pembuktian Klok dalam event dua tahunan itu.