Marco Motta Terpesona dengan Budaya Salim di Indonesia

Bek klub Liga 1 2020 Persija Jakarta, Marco Motta, mengaku terkejut sekaligus terpesona dengan budaya di Indonesia.

Marco Motta terkesan ketika pemain muda Persija, Resky Fandi, melakukan salim saat menggantikannya di laga uji coba kontra Geylang FC Februari 2020 lalu.

Budaya salim sudah melekat di Indonesia, sebagai lambang sopan santun kepada orang yang lebih tua. Sedangkan, di budaya barat atau Eropa, salim biasanya hanya dilakukan oleh seorang pria kepada wanita untuk menghormati.

"Sebagai orang barat, gerakan ini sangat mengejutkan saya karena tidak lazim dalam budaya kami. Tapi, sekarang saya sudah tahu dan saya menyukainya," kata Marco Motta dalam rilis Persija Jakarta.

Pengalaman baru itu kemudian diabadikan Marco Motta di akun Instagram pribadinya. Setelah mengetahui makna aksi salim tersebut, pemain berusia 34 tahun itu semakin antusias untuk mengenal banyak budaya baru di Indonesia.

"Kini saya akan belajar dan memahami budaya baru yang ada di negara ini. Apalagi, orang di Indonesia yang saya jumpai, sangat sopan dan ramah meskipun baru saya kenal," imbuhnya.

Saat ini, Marco Motta tengah berada di kampung halamannya, Italia. Ia tetap berlatih seperti biasanya agar kondisinya tetap ideal saat Liga 1 2020 berlanjut Oktober mendatang.